Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Pengalaman Memiliki Samsung NX500

Samsung NX500, Pancake 30mm
Samsung NX500, Pancake 30mm

Mengapa Samsung NX500?

Setelah menimbang banyak hal, akhirnya saya membeli mirorless Samsung NX500. Kamera ini memiliki sensor berukuran 23.5 x 15.7 mm yang sangat bagus dan memiki resolusi 28 MP, diatas rata-rata kamera saat ini. Tentu saja kualitas foto tidak diukur dari mega pixelnya saja. Bagi saya yang terpenting adalah reproduksi warna dan kemampuan low light yang memadai. Dan kamera ini melakukannya dengan baik.

First Impresion

Samsung NX500 memiliki body yang cukup ringan 287g. Tombol-tombolnya cukup lengkap, dan mudah dioperasikan hanya tombol untuk video bentuknya bulat kecil yang cukup sulit ditemukan.Layar kamera ini dapat di flip out sampai 180┬░, sehingga cocok untuk yang selfie. Layarnya memakai teknologi amoled khas smartphone-smartphone samsung. Hasil foto pada layar menjadi sangat vivid, bahkan cenderung hipersaturasi. Kita akan sedikit kaget ketika mentransfer hasil foto ke laptop, karena warnanya menjadi lebih redup.

Low Light

Kemampuan low light cukup baik, apalagi kalau kita menggunakan lensa pancake 30mm bukaan 2.0. Pada iso 3200 kita akan mulai mendapatkan noise yang cukup mengganggu. Kalau kita menyimpan foto dalam mode JPG pada iso tinggi, gambar yang dihasilnya tampak terlalu soft untuk mengurangi noise. Saya sendiri lebih suka memotret dalam mode RAW, sehingga lebih bebas berkreasi dalam  proses editing dengan Adobe Lightroom.

Kemampuan Video

Kemampuan merekam video dari kamera ini sangat baik. Salah satu kelebihan samsung NX500 yang lain adalah kemampuan merekam video 4K. Namun saya sendiri tidak pernah menggunakan mode ini. Seperti yang saya kemukakan diatas, tombol video di kamera ini sangat mungil. Berbentuk bulat kecil di pojokan. Sehingga ketika beberapa kali kamera saya dipinjam oleh teman, mereka tidak bisa menemukannya. Kelemahan lain adalah tidak bisa menggunakan mikrophone, sehingga kualitas audionya tidak bisa ditingkatkan. Selain itu kita hanya bisa recording audio dalam mode auto, jadi tidak bisa kita sesuaikan exposurenya secara manual.

Kesimpulan

Secara umum kamera ini salah satu mirorless yang terbaik untuk harga dibawah 10 juta. Dengan dihentikannya lini kamera samsung, kita tidak bisa berharap untuk mendapatkan koleksi pilihan lensa yang lebih bervariasi. Namun disisi lain kita bisa berharap harga lensa-lensa samsung yang sudah ada bisa turun, terutama untuk lensa samsung seri S. Untuk pemula saya rasa kamera ini pantas untuk dibeli, namun untuk professional tentu lebih naik memilih kamera dengan koleksi system lensa yang lebih lengkap. Bagaimanapun juga kualitas foto tidak melulu tergantung pada kameranya, tetapi lebih kepada siapa yang dibalik kamera itu.

Baca Juga : Review Kamera CCTV Xiaomi YI Dome 1080p

Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. Salam Sehat!!