Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Endometriosis dan Kemandulan : Pengobatan Agar Cepat Hamil

program hamil pada pasien endometriosis
Perlengketan Tuba falopi pada pasien Endometriosis

Pengertian

Endometriosis adalah penyakit yang umum diderita oleh wanita di dunia. Sekitar 5,5 juta wanita di amerika utara mengidap penyakit ini. Kista endometriosis juga merupakan salah satu dari tiga besar penyebab kemandulan. (Kode ICD 10 Endometriosis : N80.9)

Dalam siklus menstruasi yang normal, lapisan didalam uterus yang disebut endometrium, perlahan menebal sebagai persiapan untuk terjadinya kehamilan. Ketika akhirnya kehamilan tidak terjadipada bulan itu, tubuh kita mengeluarkan endometrium tersebut melalui proses menstruasi. Kemudian siklus ini dilang kembali pada bulan berikutnya.

Pada penderita endometriosis, belum diketahui dengan jelas penyebabnya. Lapisan endometrium tumbuh di luar rahim atau uterus. Lapisan endometrium ini tuumbuh ditempat yang tidakseharusnya seperti ovarium, rongga pelvis, serviks, vagina, rektum, kandung kemih, usus dan berbagai tempat lainnya.

Masalahnya adalah jaringan ini berperilaku layaknya jaringan endometrium normal, yang tumbuh dan luluh sesuai tahapan siklus menstruasi. Tetapi jaringan yang luruh tidak memiliki saluran pembuangan seperti layaknya di rahim. Akibatnya jaringan ini menyebabkan iritasi dan peradangan. Jaringan ini tumbuh dan dan dapat menghalangi sel telur keluar dari ovarium dan mencegah terjadinya pembuahan oleh sperma.

Keluhan dan gejala endometriosis yang biasa timbul pada kemandulan adalah:

  • Nyeri pinggang
  • Nyeri saat berhubungan seksual
  • Nyeri saat BAK
  • Nyeri perut yang berat
  • Menstruasi yang hebat dan flek-flek diatara dua siklus menstruasi
  • Kelemahan
  • Beberapa wanita tidak memiliki keluhan.

Bagaimana jika penderita endometriosis ingin hamil?

Pada kebanyakan kasus, wanita penderita endometriosis tetap bisa hamil secara normal. Namun jika Anda ternyata sulit untuk hamil, mungkin saja itu disebabkan oleh penyakit endometriosis. Untuk mencari tahu hal tersebut, dokter akan melakukan laparoskopi. Dalam tindakan prosedur ini dokter akan memasukkan sebuah kamera kecil berbentuk tabung untuk melihatadanya jaringan endometrium yang tidak normal. Untuk memastikan diagnosisdokter mungkin akan melakukan biopsi. Jika diagnosis sudah ditegakkan, maka akan dilakukan beberapa pengobatan tergantung dari tingkatkeparahan penyakit.

Pengobatan kadang-kadang dikombinasikan dengan tindakan pembedahan, bertujuan mengurangi peradangan dan menghilangkan nyeri. Jika tidakan bedah diperlukan, maka dokter akan mebuang sebanyak mungkin jaringan endometrium yang tidak sehat. Pada beberapa kasus, pembedahan secara signifikan meningkatkan peluang untuk hamil. Bagaimanapun juga kemungkinan untuk hamil pada kasus yang berat tetap akan sangat rendah.

Karena pada beberapa wanita yang mengalami endometriosis juga mengalami masalah ovulasi, pilihan lain dalam pengobatan endometrium adalah obat-obatan semacam Klomifen Sitrat untuk merangsang ovulasi. Suntikan hormon juga mungkin akan diberikan untuk alasan yang sama. Ketika ovulasi berhasil dirangsang, dokter mungkin akan menyarankan dilakukan inseminasi buatan, dimana sperma disuntikkan langsung ke dalam uterus.

Harus diwaspadai beberapa pengobatan endometriosis justru menghambat terjadinya kehamilan. Bahkan ada obat hormonal seperti Danocrine yang dapat menimbulkan cacat kongenital pada janin. Pastikan dokter Anda mengetahui bahwa Anda sedang berusaha untuk hamil pada saat menjalani terapi endometriosis.

Masalah pada tuba falopi

Masalah yang terjadi pada tuba fallopi juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kasus kemandulan. Kadang-kadang tuba falopi tersumbat maupun mengalami perlengketan akibat penyakit dan infeksi.

Ketika sel telur dilepaskan dari indung telur atau ovarium, sel ovum tersebut akan berjalan melalui tuba falopi, yang merupakan tabung sempit yang menghubungkan ovarium dengan uterus. Normalnya sel telur akan bertemu dengan sel sperma di tuba falopi dan berjalan terus sampai ke uterus. Disi lain tuba falopi adalah organ yang lemah. Sekali tersumbat maka tidak ada jalan lain bagi ovum untuk bertemu dengan sperma.

Tuba falopi dapat dirusak oleh berbagai penyakit seperti endometriosis, penyakit peradangan panggul, infeksi dan penyakit menular seksual.

Bagaimana caranya untuk hamil?

Untuk mendeteksi apakah tuba falopi tersumbat, dokter mungkin akan menyarankan tindakan laparoskopi atau histerosalphingografi (HSG). Dalam pemeriksaan HSG, cairan yang sudah di warnai akan dimasukkan melalui kateter kedalam uterus. Kemudian dirontgen untuk melihat apakah adanya sumbatan. Jika cairan yang dimasukkan tadi dapat mengalir bebas sampi ke rongga abdomen itu berarti tidak ada sumbatan di tubafalopi. Jika ternyata terdapat sumbatan, pengobatan yang mungkin dilakukan adalah tindakan operasi untuk mengatasi penyumbatan tersebut.

Jika ovulasi ternyata masih berlangung secara normal, dokter mungkin akan mempertimbangkan teknik reproduksi buatan seperti bypass tuba falopi, injeksi sperma intasitoplasmik (ICSI), inseminasi buatan (IUI), dan bayi tabung (IVF)

Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. Salam Sehat!!