Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Penyakit Kawasaki : Gejala, Diagnosa dan Pengobatan

Gejala Penyakit Kawasaki
Gejala Penyakit Kawasaki

Pengertian

Penyakit kawasaki adalah penyakit yang hampir selalu menyerang anak-anak. Paling banyak kasus pada anak yang berumur dibawah 5 tahun. Penyakit ini adalah penyebab utama penyakit jantung pada anak. Namun jika penyakit ini ddapat didiagnosis dan diobati lebih awal, maka kebanyakan anak akan sembuh tanpa adanya masalah lanjutan. (Kode ICD 10 penyakit kawasaki : M303)

Ketika seorang anak terserang penyakit kawasaki, terjadilah peradangan pembuluh darah diseluruh tubuhnya. Peradangan ini bisa saja merusak arteri koronaria, yaitu pembuluh darah yang mengalirkan darah ke Jantung.

Namun penyakit kawasaki tidak hanya mempengaruhi jantung saja. Penyakit ini juga bisa menyebabkan gangguan pada kelenjar getah bening, kulit, mulut, hidung dan tenggorokan.

Penyebab

Para ahli belum dapat menemukan penyebab pasti dari penyakit kawasaki. Namun diduga berkaitan dengan gen tertentu, infeksi virus atau bakteri, dan berbagai faktor lingkungan seperti zat kimia dan zat iritan.

Penyakit ini tidak menular, meskipun terjadi pada lingkup komunitas tertentu. Anak-anak cenderung terserang penyakit kawasaki pada musim dingin, namun bisa saja terjadi sepanjang tahun. Penyakit ini juga tidak dipengaruhi oleh etnis.

Gejala

Satu gejala yang paling utama dari penyakit kawasaki adalah penyakit ini datang dan menimbulkan gejala dengan cepat. Penyakit kawasaki dapat menimbulkan gangguan jantung satu sampai 2 minggu setelah keluhan mulai dirasakan.

Beberapa gejala dari penyakit kawasaki adalah:

  • Demam tinggi, blebih dari 38 derajat celcius, dan tidak dapat diredakan dengan baik oleh obat penurun panas. Gejala ini biasanya berlangsung sampai dengan 5 hari.
  • Bintik-bintik kemerahan pada kulit. Seringkali timbul pada dada, tungkai, dan kemaluan. Kemudian dapat menjalar sampai ke jari dan jempol.
  • Pembengkakan dan peradangan di tangan dan telapak kaki.
  • Mata merah
  • Pembengkakan kelenjar getah bening, terutama di daerah leher
  • Peradangan tenggorokan, ringga mulut dan bibir
  • Pembengkakan lidah, biasa disebut “Strawberry Tongue”
  • Nyeri sendi
  • Gangguan pencernaan, termasuk muntah dan diare

Jika anak Anda demam 38 sampai 40 derajat celsius berlangusng selama 4 hari, menunjukkan beberapa gejala diatas, segera hubungi dokter. Pengobatan secara tepat dan cepat dapat mencegah terjadinya komplikasi permanen.

Pengobatan Penyakit Kawasaki

Anak mungkin akan mengalami rasa sakit dan demam tinggi, pembengkanan dan iritasi kulit. Dokter akan memberikan obat untuk meredakan keluhan-keluhan yang diderita, termasuk aspirin untuk mencegah pembekuan darah. Jangn memberikan obat sendiri tanpa berkonsultasi dengan dokter.

Dokter mungkin juga akan memberikan imunoglobulin melaui infus. Hal ini lebih efektif daripada hanya memberikan aspirin saja. Pemberian imunoglobulin dan aspirin akan mengurangi kemungkinan terjadinya komplikasi di jantung.

Komplikasi

Karena dapat mengakibatkan komplikasi jantung, penyakit ini cukup menakutkan. Meskipun sebagian besar anak dapat sembuh tanpa masalah lanjutan, beberapa anak dapat mengalami:

  • Denyut jantung ireguler (aritmia)
  • Peradangan otot jantung (miokarditis)
  • Kerusakan katup jantung (mitral regurgitasi)
  • Peradangan pembuluh darah (vaskulitis)

Hal-hal tersebut dapat memicu masalah yang lebih serius, seperti kelemahan dan pembengkakan diding pembuluh darah yang disebut aneurisma. Aneurisma pada akhirnya dapat menyebabkan pendarahan dan serangan jantung. Pemeriksaan EKG atau rekam jantung dapat mendiagnosa komplikasi ini.

Beberapa kasus yang parah memerlukan penanganan bedah. Dan pada sebagian kecil kasus bahkan dapat terjadi kematian. Bayi memiliki kemungkinan risiko yang lebih serius.

Anak yang telah terkena penyakit ini seharusnya di pantau lebih lanjut untuk memastikan tidak ada komplikasi di jantungnya. Mungkin akan dilakukan pemeriksaan rontgen dada, rekam jantung dan beberapa pemeriksaan lainnya.

Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. Salam Sehat!!