Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Penyakit Flu Singapura: Gejala, Diagnosis dan Pengobatan

Penyakit kaki dan mulut
Gejala Flu Singapura

Pengertian


Flu singapura atau penyakit kaki dan mulut adalah penyakit yang disebabkan oleh virus. Gejala yang dialami adalah timbulnya luka-luka kecil didalam mulut, juga munculnya bintik-bintik kemerahan di tangan kaki dan bokong. Penyakit ini bukanlah penyakit berbahaya, namun menimbulkan ketidaknyamanan bagi penderita.

Siapapun bisa terserang penyakit flu singapura, tetapi lebih sering terjadi pada dibawah 10 tahun.

Apa yang menyebabkan

Beberapa virus yang biasa menyebabkan penyakit kaki dan mulut adalah coxackievirus 16 dan enterovirus 71.
Penularan penyakit flu singapura biasanya melalui kontak dengan penderita lainnya. Bisa juga melalui benda-benda yang sudah terkena kontak dengan penderita, seperti misalnya mainan, pegangan pintu dan lain-lain. Penyakit ini lebih mudah menyebar pada saat musim kemarau.

Gejala

Gejala awal yang biasanya muncul adalah demam dan nyeri tenggorokan. Kadang-kadang menyebabkan penurunan nafsu makan. Timbulnya sariawan yang nyeri didalam rongga mulut dan lidah.
Kentidaknyamanan ini kadang-kadang mengakibatkan anak tidak mau makan. Sehingga Anda harus berhati-hati agar anak penderita flu singapura tidak kekurangan cairan maupun kalori.

Diagnosis

Diagnosis penyakit flu singapura ditegakkan melalui anamnesis timbulnya sariawan atau bintik-bintik di tangan dan kaki. Biasanya tidak diperlukan pemeriksaan lanjutan untuk mendiagnosis penyakit ini. Namun jika diperlukan dapat dilakukan pemeriksaan usap tenggorok, pemeriksaan tinja dan darah.

Pengobatan Penyakit Flu Singapura

Penyakit flu singapura sebenarnya akan sembuh sendiri setelah tujuh sampai sepuluh hari. Sehingga tidak diperlukan pengobatan atau vaksin khusus.

Pengobatan farmakologi hanya dilakukan untuk meringankan gejala:

  • Berbagai obat pereda nyeri atau NSAID seperti Paracetamol maupun Ibuprofen
  • Obat-obatan pereda flu

Mencegah Penularan

Seorang penderita dapat menularkan penyakit ini pada seminggu pertama . Namun bisa saja virus ini bertahan didalam tubuh lebih lama dan menularkan kepada orang lain melalui dahak dan ludah. Pencegahan terbaik adalah dengan membiasakan diri mencuci tangan. Orang tua pun harus selalu mencuci tangan saat sebelum dan sesudah mengganti popok atau membersihkan ingus anak.

Anak yang menderita penyakit ini juga tidak boleh masuk sekolah kembali sebelum benar-benar sembuh. Supaya teman-teman disekolah anak tidak tertular.

Flu singapura atau penyakit kaki dan mulut pada manusia tidaklah sama dengan yang terjadi pada binatang. Hanya gejalanya saja mirip, namun virus penyebabnya sangat berbeda.

Tags:

Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. Salam Sehat!!