Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Penang ke Kuala Lumpur dengan Kereta

Halo semuanya !! Kali ini saya akan sharing perjalanan liburan yang saya lakukan tahun yang lalu. Saat itu, saya berkesempatan untuk mengunjungi negara tetangga kita, . Pertama kali tiba di Malaysia, daerah yang saya kunjungi adalah Pulau . Setelah puas berkeliling beberapa hari di Pulau Penang, tujuan saya berikutnya adalah melanjutkan wisata ke . Inilah pengalaman saya melakukan perjalanan dari Penang ke Kuala Lumpur.

Kereta (KTM) Butterworth ke KL Sentral Station
Kereta (KTM) Butterworth ke KL Sentral Station

Penang ke Kuala Lumpur : Bus, Pesawat, Kereta ?

Perjalanan dari Pulau Penang menuju ke Kuala Lumpur dapat ditempuh dengan berbagai akses, antara lain pesawat, bus, atau kereta. Perjalanan menggunakan pesawat cukup singkat yaitu hanya sekitar 45 menit. Harga tiket pesawat dari Penang ke Kuala Lumpur sekitar 88 RM – 200 RM (Rp 300.000 – Rp 800.000) tergantung dari jenis maskapai yang dipilih. Jika memilih menggunakan pesawat, Anda tentunya harus menuju ke bandara Penang Intl (PEN). Nantinya, Anda akan mendarat di KLIA (Kuala Lumpur International Airport). Bandara di Kuala Lumpur ini ada 2 yaitu KLIA 1 dan KLIA 2 yang letaknya berdekatan.

Perjalanan menggunakan bus membutuhkan waktu sekitar 4-6 jam tergantung dari kepadatan lalu lintas. Harga tiket bus dari Penang ke Kuala Lumpur sekitar 36 RM – 40 RM (Rp 108.000 – Rp 120.000) bergantung dari lokasi di mana Anda menaiki bus tersebut. Keuntungan jika memilih menggunakan bus adalah pick up dan drop off point bervariasi. Anda bisa naik bus (pick up points) dari Prangin Mall, KOMTAR, atau Sungai Nibong dan bisa memilih lokasi berhenti/turun (drop off) di Hentian Duta Bus Terminal, Terminal Bersepadu Selatan (TBS), atau KL Sentral Terminal. Namun, menurut informasi yang saya dapatkan, tidak ada toilet dalam bus.

Perjalanan menggunakan kereta membutuhkan waktu 4 jam 30 menit. Harga tiket kereta dari Butterworth ke Kuala Lumpur sekitar 55 RM- 88 RM (Rp 160.000 – Rp 315.000) bergantung dari kelas duduk dalam kereta yang dipilih. Kereta yang digunakan bernama KTM dengan kelas Gold, Platinum, dan Premier. Jika memilih menggunakan kereta api, stasiun tujuan akhirnya akan berada di KL Sentral Station. Pembelian tiket kereta ini bisa secara online maupun datang langsung ke loket.

 

Perjalanan Penang ke Kuala Lumpur dengan Kereta

Setelah mencari tahu berbagai mode transportasi dari Penang menuju ke Kuala Lumpur, saya memutuskan untuk menggunakan kereta. Stasiun kereta menuju ke Kuala Lumpur berada di Butterworth. Ketika itu, saya memilih menaiki kapal ferry untuk bisa sampai ke Butterworth. Hal pertama yang saya lakukan adalah memesan Uber menuju Raja Tun Terminal Ferry. Sampai di terminal ferry, saya mencoba mencari pintu masuk ke kapal ferry, setelah sempat salah masuk ke terminal Bus Rapid Penang yang ada di sebelah pelabuhan, akhirnya saya menemukan jalan yang tepat. Ternyata untuk menyeberang dengan kapal ferry menuju Butterworth tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun, saya mendapatkan informasi bahwa perjalanan sebaliknya dari Butterworth ke Penang dikenakan biaya 1,2 RM. I don’t know why.

Pelabuhan Ferry menuju Butterworth
Raja Tun Terminal Ferry menuju Butterworth

Perjalanan dengan menggunakan kapal ferry menuju Butterworth membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Ketika tiba di Butterworth, saya  bergegas membeli tiket kereta yang menuju Kuala Lumpur. Penunjuk arah di Pelabuhan Butterworth cukup banyak sehingga memudahkan untuk menemukan lokasi pembelian tiket kereta. Beruntung saya tiba di Butterworth setengah jam sebelum kereta terakhir berangkat. Petugas loket melayani saya dengan ramah. Lingkungan di stasiun kereta juga cukup bersih.

Loket Pembelian Tiket Butterworth ke KL Sentral
Loket Pembelian Tiket Butterworth ke KL Sentral

Setelah antre beberapa saat, saya berhasil membeli tiket kereta Butterworth ke KL Sentral dengan harga 58 RM atau sekitar Rp 160.000 rupiah per orang. Sayangnya, saya dan suami duduk berseberangan karena sudah tidak tersisa lagi tiket dengan posisi duduk bersebelahan. Di sini, transportasi umum seperti kereta atau bus sangat digemari.

Tiket KTM Butterworth ke KL Sentral
Tiket KTM Butterworth ke KL Sentral

 

Suasana Kereta Butterworth ke KL Sentral Station

Saat memasuki kereta, saya langsung mencari posisi duduk sesuai degan tiket yang saya miliki. Kereta yang saya naiki cukup bagus, bersih, dan nyaman. Banyak media informasi yang membuat saya enjoy selama dalam perjalanan. Fasilitas di dalam kereta juga cukup lengkap. Kereta ini memiliki beberapa toilet dan kantin. Bagi Anda yang merasa lapar, disediakan berbagai makanan cepat saji mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Toiletnya pun bersih sehingga para penumpang nyaman saat menggunakan fasilitas tersebut. Perjalanan kami akhirnya membutuhkan waktu sekitar 4 jam 15 menit. Pengalaman baru yang menyenangkan.

Suasana Kereta Penang ke Kuala Lumpur
Suasana Kereta Penang ke Kuala Lumpur

Perlu diingat, senyaman apa pun mode transportasi yang Anda tumpangi, tetaplah waspada terhadap segala barang bawaan Anda. Sebaiknya, jangan membawa terlalu banyak barang. Saya merekomendasikan beberapa barang yang harus dipersiapkan saat ke luar negeri. Okay, itulah tadi pengalaman saya menggunakan mode transportasi kapal ferry dan kereta dari Penang menuju ke Kuala Lumpur. I’ll see you on my next post.  Semoga bermanfaat.

Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. Salam Sehat!!