Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Nyeri Dada Karena Jantung?

nyeri dada karena jantung
Nyeri Dada

Nyeri Dada

Nyeri dada adalah masalah klinis yang cukup sering dijumpai. Kekhawatiran terbesar adalah jika nyeri tersebut berhubungan dengan penyakit . Lalu bagaimana kita membedakan apakah nyeri tersebut karena jantung atau bukan?

Pendekatan yang mungkin kita lakukan untuk menentukan penyebab atau diagnosis dari chest pain terdiri dari sifat nyeri, berapa lama nyeri berlangsung, faktor yang memicu dan meringankan, dan adanya faktor risiko untuk penyakit jantung/paru.

Berikut adalah adalah beberapa penyebab dari nyeri dada, anda tinggal memilih mana yang paling mendekati nyeri dada yang anda rasakan.

1. Iskemik Miokard

Penyakit ini disebabkan karena otot-otot jantung kekurangan oksigen sehingga menimbulkan nyeri. kekurangan oksigen bisa terjadi karena penyempitan maupun penyumbatan pembuluh darah jantung atau biasa disebut pembuluh koroner.

Gejalanya adalah nyeri di dada sentral, menjalar ke lengan kiri, bisa juga ke leher, ulu hati atau sisi kanan tubuh.

2. Nyeri Pleuritik

Penyakit ini disebabkan karena kelainan terutama pada dinding paru. normalnya terdapat rongga yang berisi sedikit cairan pelumas antara dua lapisan dinding paru,sehingga ketika terjadi gesekan waktu bernapas tidak akan terasa nyeri. namun bila terjadi suatu gangguan misalnya karena pneumonia atau emboli paru, dapat mengakibatkan gangguan pada dinding paru tersebut dan menyebabkan nyeri ketika terjadi gesekan.

Ciri-cirinya adalah nyeri tajam, hanya pada satu sisi tubuh (misalnya kiri saja atau kanan saja), ditimbulkan oleh bernapas, bisa juga berhubungan dengan posisi tubuh.

3. Kolesistitis

Sebenarnya nyeri klasik penyakit empedu ini terjadi di ulu hati atau bagian kanan atas perut, namun penyakit empedu bisa juga dirasakan di dada dan disalah artikan sebagai angina.

serangan nyeri hilang timbul, tidak berhubungan dengan aktivitas. Makanan terutama yang berlemak bisa memicu nyeri. Diagnosis ditegakkan dengan pemeriksaan USG.

4. Nyeri Gastroesopagus

Biasanya disebabkan oleh refluks gastroesophagus atau naiknya kembali makanan yang sudah mencapai lammbung bersama asam lambung yang berbahaya.

mengakibatkan nyeri/rasa terbakar didada bagian tengah. Kunci adalah nyeri yang berhubungan jelas dengan makanan, dan tidak ada hubungan dengan aktivitas.

5. Nyeri Perikarditis

Sama seperti nyeri pleuritik, hanya yang terkena adalah dinding jantung sehingga nyerinya lebih kebagian tengah.

Contoh-contoh diatas hanyalah sebagian dari contoh-contoh penyakit yang sering mengakibatkan nyeri dada. cara-cara diagnosis diatas juga hanya untuk menduga secara cepat kira-kira penyebab nyeri dada anda. Tapi untuk diagnosis pastinya diperlukan alat-alat diagnosis penunjang lainnya.

Baca juga : Gagal Jantung

Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. Salam Sehat!!