Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Moluskum Kontagiosum : Gejala, Diagnosis ICD 10, Pengobatan

Moluskum Kontagiosum
Moluskum Kontagiosum

Definisi

Moluskum kontagiosum adalah penyakit yang disebabkan oleh virus poks, yang menginfeksi sel epidermal. Secara klinis, lesi tampak sebagai papul yang berbentuk kubah dengan permukaan halus dan seringkali terdapat umbilikasi. Penularan melalui kontak langsung dengan agen penyebab. Pada orang dewasa, penyakit ini digolongkan ke dalam penyakit akibat hubungan seksual. (Kode ICD 10 Moluskusm Kontagiosum : B08.1)

Keluhan

Adanya kelainan kulit berupa papul miliar. Masa inkubasi berlangsung satu sampai beberapa minggu. Lokasi predileksi penyakit ini adalah di daerah muka, badan, dan ekstremitas, sedang pada orang dewasa di daerah pubis dan genitalia eksterna.

Faktor Risiko

a. Terutama menyerang anak dan kadang-kadang juga orang dewasa.

b. Imunodefisiensi.

Pemeriksaan Fisik

Papul miliar, kadang-kadang lentikular dan berwarna putih seperti lilin, berbentuk kubah yang kemudian di tengahnya terdapat lekukan (delle). Jika dipijat akan tampak keluar massa yang berwarna putih seperti nasi. Lokasi predileksi adalah daerah muka, badan, dan ekstremitas, sedangkan pada orang dewasa di daerah pubis dan genitalia eksterna. Kadang-kadang dapat timbul infeksi sekunder sehingga timbul supurasi.

Pemeriksaan penunjang

Bila diperlukan, melakukan tindakan enukliasi pada papul untuk menemukan badan moluskum.

Diagnosis Klinis

Diagnosis moluskusm kontagiosum ditegakkan berdasarkan anamnesis dan pemeriksaan fisik.

Diagnosis Banding

a. Komedo

b. Miliaria

c. Karsinoma sel basal nodular

Komplikasi

Lesi dapat mengalami infeksi sekunder. Jika moluskum kontagiosum mengenai kelopak mata (jarang terjadi), dapat terjadi konjungtivitis kronis. Pada individu dengan AIDS, moluskum seringkali tidak mudah dikenali, banyak, dan penatalaksanaannya membutuhkan ketrampilan khusus.

Pengobatan Moluskum Kontagiosum

a. Pasien perlu menjaga hygiene kulit.

b. Pengobatan dilakukan dengan mengeluarkan massa yang mengandung badan moluskum dengan menggunakan alat seperti ekstraktor komedo, jarum suntik, atau alat kuret kulit.

Konseling dan Edukasi

Penyebaran dalam keluarga sangat jarang terjadi. Dengan demikian, anggota keluarga tidak perlu terlalu khawatir terhadap anak/individu dengan penyakit ini.

Prognosis

Prognosis penyakit Moluskum Kontagiosum pada umumnya bonam karena penyakit ini merupakan penyakit yang self-limiting.

Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. Salam Sehat!!