Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Miopia / Rabun Jauh Ringan : Gejala dan Koreksi

pengobatan miopia
Koreksi dengan

Pengertian

Miopia ringan adalah kelainan refraksi dimana sinar sejajar yang masuk ke dalam keadaan istirahat (tanpa akomodasi) akan dibiaskan membentuk bayangan di depan retina. Dapat dikoreksi dengan lensa sferis negative S – 0.25 sampai S – 3.00 D.  (Kode ICD 10 Miopia : H52.1)

Keluhan

Penglihatan kabur bila melihat jauh, mata cepat lelah, pusing dan mengantuk,cenderung memicingkan mata bila melihat jauh. Tidak terdapat riwayat kelainan sistemik seperti; diabetes mellitus, hipertensi; serta buta senja.

Faktor Risiko

Genetik

Pemeriksaan Fisik

Refraksi Subjektif:

  1. Penderita duduk menghadap kartu snellen pada jarak 6 meter.
  2. Pada mata dipasang bingkai percobaan. Satu mata ditutup, biasanya mata kiri ditutup terlebih dahulu untuk memeriksa mata kanan.
  3. Penderita diminta membaca kartu snellen mulai huruf terbesar (teratas) dan diteruskan pada baris bawahnya sampai pada huruf terkecil yang masih dapat dibaca. Lensa positif terkecil ditambah pada mata yang diperiksa dan bila bertambah kabur lensa positif tersebut diganti dengan lensa negatif. Kemudian kekuatan lensa negatif ditambah perlahan-lahan dan diminta membaca huruf-huruf pada baris yang lebih bawah sampai jelas terbaca pada baris ke 6.
  4. Mata yang lain diperiksa dengan cara yang sama.

Diagnosis Klinis

Penegakan diagnosis berdasarkan anamnesis dan pemeriksaan refraksi subjektif

Penatalaksanaan dan Miopia

Koreksi dengan kacamata lensa sferis negatif terlemah yang menghasilkan tajam penglihatan terbaik Konseling dan Edukasi a. Membaca dalam cahaya yang cukup dan tidak jarak dekat. b. Kontrol untuk pemeriksaan visus bila ada keluhan. Kriteria rujukan Kelainan refraksi yang progresif, tidak maju dengan koreksi dan tidak maju dengan pinhole.

Prognosis

Prognosis umumnya bonam.

Baca juga : Presbiopia

Tags:
One Comment

Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. Salam Sehat!!