Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Meningkatkan Performa KLX 150 tanpa Bore UP/Korek

Meningkatkan Performa KLX 150, Perlukah?

Meningkatkan tenaga klx 150
Kondisi Awal

Meningkatkan performa klx 150 adalah hal yang ternyata wajib di lakukan oleh para pecinta dan pemilik motor ini. Demikian juga yang saya alami. awalnya berpikir bahwa cukup memawa pulang motor ini dan siap tempur. Akan tetapi kenyataannya sangat jauh dari itu. karena itu saya ingin menceritakan pengalaman saya memiliki motor KLX 150L.

Setelah saya lulus kuliah saya memutuskan untuk pulang kampung. Tentu saja jalan-jalan yang dilalui menjadi tidak semulus dikota. Sayapun berniat mengupgrade motor yang lebih cocok. Setelah menimbang banyak hal, akhirnya saya memutuskan untuk meminang KLX 150L.

KLX 150L memiliki ukuran bawaan velg belakang 18 dan veg depan 21. Jauh lebih tinggi jika dibandingkan varian KLX 150S yang masih menggunakan velg 17 -19. Sekarang sudah keluar varian yang lebih baru yaitu KLX 150BF yang memiliki ukuran kurang lebih sama dengan KLX 150L. KLX 150BF memiliki desain yang lebih segar dan shock depan yang sudah upside down.

Desain motor KLX 150L sudah cukup bagus, tinggal sedikit penyesuaian dengan selera masing-masing. Namun yang mengecewakan adalah performa dan tenaga KLX 150L yang sepertinya belum siap tempur. Kalau untuk diajak jalan santai di jalan datar tidaklah menjadi masalah. Namun jangan coba-coba diajak adventure naik turun gunung sebelum dilakukan modifikasi.

Pengalaman Tidak Menyenangkan

Kejadian ini saya alami saat saya mendapat tugas dari puskesmas untuk mengawal rombongan bupati dan kepala dinas yang akan melakukan touring ke air terjun putri malu yang ada di wilayah puskesmas tempat saya bekerja. Sewaktu masih di jalan kampung yang datar, saya masih sangat percaya diri dengan motor saya. Karena letak air terjun yang dituju berada di lereng gunung yang cukup tinggi, maka jalan semakin lama semakin banyak tanjakan curam. Disinilah motor KLX 150 saya mulai kedodoran, sampai pada suatu tanjakan, motor benar-benar tidak mampu lagi bergerak maju.

Persiapan Saat Hendak Naik Gunung
Persiapan Saat Hendak Naik Gunung

Dengan dengan rasa malu dan kecewa saya putuskan untuk putar balik dan pulang. Sedangkan rombongan yang lain meneruskan perjalanannya. Usut punya usut ternyata penyebab motor saya kehabisan tenaga adalah kampas kopling yang hangus. Hal ini ternyata memang sering sekali dialami oleh para pemilik KLX varian manapun. Dari sini timbullah tekad saya untuk memodifikasi motor KLX saya menjadi lebih tangguh.

Hal Yang Perlu Dilakukan Untuk Meningkatkan Performa KLX 150 tanpa Bore Up

1. Bor Rumah Kopling

Desain rumah kopling KLX yang terlalu rapat membuat oli mesin tidak dapat bersirkulasi dengan baik. Maka kita lakukan bor pada rumah luar dan dalam agar oli menjadi lebih lancer. Selain bor rumah kopling, lakukan pengantian kampas kolpling dengan milik GL PRO atau KX 85. Per kolpling juga harus diganti dengan milik Tiger atau KX 85 agar lebih galak. Oli mesin KLX juga harus diberikan kira-kira 1300cc, jadi tidak cukup membeli satu botol saat penggantian. Bor rumah kopling adalah satu hal yang paling wajib dilakukan untuk meningkatkan performa klx 150.

bor rumah kopling KLX
Bor Rumah Luar Kopling KLX 150L
meningkatkan tarikan klx 150L
Bor Rumah Dalam Kopling KLX 150L

2. Ganti Knalpot Racing ata Free Flow

Suara knalpot bawaan KLX sangat minim sekali, bahkan masih lebih keras suara ban yang bergesekan dengan aspal. Aliran gas buang yang tidak terlalu lancar tentunya menghalangi potensi tenaga mesin. Belum lagi knalpot bawaan ini ternyata cukup berat, menambah beban motor secara keseluruhan. Saya sendiri mengganti dengan knalpot FMF buatan lokal yang ternyata tidak kalah dengan buatan luar negeri seharga 900 ribu. Suara motor menjadi bulat, jika di geber maka suaranya menggelegar garang. Tenaga motor klx 150L terasa plong tidak ada yang menghalangi.

3. Ganti CDI bawaan

Saya melakukan penggantian CDI motor dengan BRT dual band agar batasan rpm motor menjadi lebih tinggi. Napas motor pun menjadi lebih panjang saat melibas tanjakan ekstrim. Terdapat saklar pada CDI ini, sehingga dapat di matikan jika kita ingin menggunakan motor untuk harian saja.

4. Mengganti Karburator

Karburator bawaan terasa tidak responsive dan kurang bertenaga. Saya mengganti karburatornya dengan karburator PE 28 kawahara. Memang masih ada pilihan yang lebih baik seperti pwk 26 milik ninja ataupun karburator keihin sudco yang tentunya lebih mahal. Dengan setting yang tepat, karburator kawahara ini sudah cukup baik dalam meningkatkan performa klx 150.

5. Mengganti Stang Motor dengan Fatbar

Stang motor bawaan KLX 150L terasa berat dan kurang lebar, ini menyulitkan kita saat melintasi jalan setapak yang sempit. Saya menggantinya dengan stang protaper YZ High, stang ini lebih lebar dan sangat ringan sehingga pengendalian motor lebih presisi. Namun tipe ini ternyata kurang tinggi, sehingga saya tambahkan riser setinggi 7cm.

Ganti Stang KLX 150
Stang Fatbar Protaper YZ HIGH KLX 150L

6. Mengganti Rasio Gear KLX 150

Untuk meningkatkan akselerasi KLX 150L saya mengganti gear depan dari 14 menjadi 13, dan gear belakang dari 47 menjadi 52. Gear merk SSS sudah cukup baik dan durable untuk kebutuhan adventure. Dengan rasio gear 13-52, motor menjadi lebih bertenaga namun masih memiliki top speed yang baik saat digunakan untuk harian. Mengganti gear pun menjadi wajib hukumnya bagi yang ingin meningkatkan tenaga klx 150L.

7. Mengganti Ban

Ban bawaan KLX 150L adalah ban dual purpose, yang bisa digunakan di jalan aspal ataupun jalan tanah, namun masih terasa kurang menggigit saat diajak adventure, sehingga saya mengganti ban swallow tipe cross, ban ini tidak terlalu mahal namun cukup baik kualitasnya. Jika ingin sedikit lebih mahal anda bisa memilih ban MAXXIS MAXX cross IT, dijamin traksi motor nyaris sempurna saat melewati jalan tanah yang licin.

8. Menganti Unitrack

Unitrack atau dudukan shock belakang KLX 150L sangat kaku dan keras. Sangat tidak nyaman saat digunakan untuk melibas jalan berlubang maupun polisi tidur. sebaiknya unitrak cepat diganti saja dengan unitrack laher bambu. Kalau terlambat menggantinya shock belakang bawaan akan terlebih dahulu rusak.

9. Mengganti Decal

Mengganti decal memang tidak meningkatkan tenaga klx 150. Namun stiker bawaan KLX tidak begitu menarik, walaupun tidak jelek juga. Saya menggantinya dengan decal custom yang saya pesan di bukalapak. Ganti juga spakbor bawaan KLX dengan model KTM. Motor menjadi lebih fresh dan trail banget.

meningkatkan akselerasi klx 150L
KLX 150L Setelah Modifikasi

Demikian modifikasi untuk meningkatkan performa KLX 150 tanpa Bore Up yang saya lakukan. Setelah berbagai modifikasi yang saya lakukan. Motor kesayangan saya tidak lagi pernah mengecewakan. Tentu saja masih banyak hal lain yang bisa ditingkatkan lagi. Misalnya saja mengganti shock depan menjadi upside down, namun kalau budget dibawah 8 juta lebih baik memakai shock depan bawaan yang sejauh ini sangat nyaman.

Baca Juga: Review Kamera CCTV Xiaomi Yi Dome 1080p

Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. Salam Sehat!!