Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Maag, Penyebab dan Pencegahan Kekambuhan

Halooo semuanya!! Kali ini saya akan berbagi informasi berkaitan dengan maag atau penyakit asam lambung. Maag merupakan suatu rasa tidak nyaman pada perut terutama di daerah ulu hati. Ketidaknyamanan tersebut dapat berupa rasa terbakar, nyeri, sering bersendawa, mulut terasa asam, mual, muntah bahkan kembung. Banyak faktor yang mendasari terjadinya maag ini.

Maag , Penyebab dan Penanganan
Maag , Penyebab dan Penanganan

Penyebab Magh

Berikut ini adalah beberapa penyebab timbulnya rasa tidak nyaman pada ulu hati Anda :

Kecemasan atau stress. Ketika stress, tubuh biasanya akan memproduksi lebih banyak asam lambung sebagai kompensasi. Asam lambung sebenarnya berguna untuk proses mencerna makanan/minuman. Namun, jika jumlahnya berlebihan, justru akan mengiritasi lambung.

Luka pada lambung (tukak lambung), biasanya terjadi akibat pola makan yang tidak teratur. Tubuh kita otomatis mengeluarkan asam lambung di jam makan. Bisa dibayangkan ketika tidak ada makanan dalam lambung (menunda makan) dan asam lambung sudah dikeluarkan, maka lambung kita akan teriritasi.

Infeksi pada lambung (perlu pemeriksaan lebih lanjut, kuman penyebab infeksi biasanya helicobacter pylori)

GERD (Gastro Esofageal Refluks Disease). GERD merupakan suatu keadaan dimana isi lambung sering kembali ke kerongkongan (gumoh). Isi lambung yang sudah bercampur dgn asam lambung, akan mengiritasi kerongkongan dan menyebabkan ketidaknyamanan pada saluran cerna bagian atas.

Konsumsi obat penghilang nyeri dan steroid sembarangan. Obat-obat penghilang nyeri biasanya memiliki efek samping mengiritasi lambung. Jadi, jika membutuhkan obat pereda nyeri (pegal, sakit gigi, sakit kepala, dll), berkonsultasilah dengan dokter Anda.

● Konsumsi obat antibiotik sembarangan. Beberapa antibiotik memiliki efek samping menimbulkan mual. Untuk penggunaan antibiotik, Anda wajib berkonsultasi dengan dokter atau tenaga lain sebelum mengonsumsinya.

● Konsumsi makanan/minuman yang meningkatkan asam lambung secara berlebihan (pedas, asam, santan, kopi, alkohol, soda).

● Makan terlalu banyak dan terlalu cepat

● Merokok

● Kegemukan (obesitas)

● Tumor pada lambung

Penyebab Maag
Penyebab Maag

Pemeriksaan

Pemeriksaan yang dilakukan pada pasien dengan keluhan maag antara lain :

  1. Tanya jawab. Biasanya dokter akan menanyakan beberapa hal berkaitan dengan keluhan Anda, termasuk riwayat keluarga, riwayat penyakut sebelumnya, riwayat , dll.
  2. Pemeriksaan fisik perut. Biasanya ditemukan nyeri tekan pada ulu hati dan suara perut yang nyaring (kembung).
  3. Endoskopi (Pemeriksaan ini dilakukan untuk melihat langsung saluran cerna Anda. Alat yang digunakan seperti sebuah selang yang dimasukkan ke dalam mulut Anda.)
  4. USG. Pada USG biasanya dapat diketahui ada tidaknya tumor pada lambung.
  5. Pemeriksaan Laboratorium untuk menilai darah lengkap dan mengetahui apakah terjadi infeksi pada lambung.
Endoskopi
Endoskopi

Keadaan Bahaya

Ada beberapa hal berkaitan dengan maag yang harus Anda ketahui lebih lanjut. Apabila Anda mendapati gejala di bawah ini, segera kunjungi fasilitas kesehatan terdekat.

Perdarahan Lambung. Biasanya ditandai dengan tinja berwarna kehitaman, muntah darah berwarna kehitaman, dan penderita terlihat pucat.

Kebocoran Lambung. Biasanya ditandai dengan keluhan nyeri hebat pada perut terus menerus, kembung, tidak bisa kentut, lemas. Kondisi ini sangat berbahaya, perlu penanganan segera.

Kekambuhan

Berikut ini beberapa pencegahan maag :

  1. Makan dalam porsi secukupnya dan jangan terlalu cepat (sedikit namun sering)
  2. Makan teratur
  3. Kelola stress dengan baik
  4. Hindari makanan yang meningkatkan asam lambung seperti kopi, santan, pedas, minuman bersoda dan asam. (Baca juga : Diet Lambung)
  5. Hindari mengonsumsi obat antinyeri dan antibiotik sembarangan.
  6. Jaga berat badan tetap ideal
  7. Hindari merokok
Makanan yang DIanjurkan dan DIbatasi Pada Maag
Makanan yang Dianjurkan dan DIbatasi Pada Magh

Baca juga : Gastritis atau Radang Lambung

Penanganan Maag

Untuk menangani maag, biasanya dokter akan memberikan obat-obatan untuk menetralisir asam lambung. Ada banyak macam obat, penentuan jenis obat tergantung dari penyebab, tingkat keparahan, dan kondisi masing-masing individu. Sebagai pertolongan pertama, Anda bisa mengonsumsi obat golongan antasida yang banyak dijual di pasaran. Jika anda menemukan keadaan bahaya magh seperti yang telah di uraikan di atas, sebaiknya Anda segera membawa penderita menemui dokter atau tenaga medis lain.

Selain obat-obatan, tentunya pola hidup terutama pola makan menjadi pendukung kesembuhan maag. Beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita maag :

♡ Sayuran yang direbus

♡ Makanan berserat tinggi seperti wortel, kacang-kacangan, oatmeal, pepaya, apel

♡ Makanan rendah lemak seperti dada ayam, ikan, dll.

♡ Yoghurt (probiotik), terutama untuk pasien dengan infeksi lambung.

Tingkat Kesembuhan

Tingkat kesembuhan penyakit ini tergantung dari keadaan penderita saat datang berobat (ada komplikasi atau keadaan bahaya atau tidak). Umumnya, tingkat kesembuhan tinggi, asalkan penderita mau mengubah gaya hidup terutama pola makan. Keteraturan minum obat juga menjadi penentu tingkat kesembuhan penderita maag.

Itulah tadi beberapa hal berkaitan dengan magh. Jika Anda memiliki pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar. I’ll see you on my next post. Semoga bermanfaat.

Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. Salam Sehat!!