Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Kenapa gigi bolong?

Pengobatan Gigi Bolong
Perawatan Gigi Bolong

Kenapa gigi bolong?

Gigi adalah bagian tubuh manusia yang paling keras, karena pada bagian makota gigi dilapisi oleh email yang sangat kuat. Lantas mengapa kebanyakan dari kita tidak lagi memiliki gigi yang utuh?

Gigi bolong atau karies adalah kerusakan lapisan keras gigi. Tingkat kerusakannya bisa bermacam-macam, sehingga gejalanya pun akan bervariasi. Yang pasti jika kerusakan gigi belum mencapai pulpa atau rongga didalam gigi, maka kerusakan tersebut masih dapat dihentikan.

Namun jika kerusakan sudah mencapai ruang pulpa maka usaha untuk menghentikan dengan cara menambal gigi justru akan memperparah keadaan, karena hal ini seperti mengurung bakteri didalam gigi. Tindakan yang mungkin dilakukan adalah ‘root canal treatment’, yaitu membersihkan ruang rongga gigi sampai keakar-akarnya kemuadian menambalnya. Efek dari tindakan ini adalah gigi kita menjadi mati, karena tidak lagi mendapat suplai makanan.

Ada empat faktor yang ikut berperan dalam terjadinya karies atau gigi bolong;

  1. Bakteri
  2. Waktu
  3. Karbohidrat
  4. Host/keadaan gigi penderita

Jadi proses terjadinya karies hanya akan terjadi jika keempat faktor tersebut bekerja bersama-sama. Misalnya jika sehabis kita makan, maka banyak makanan yang akan menempel dan tertinggal di sela-sela gigi, diantara makanan itu bisa jadi mengandung karbohidrat. Artinya, disini salah satu faktor sudah mulai bekerja, namun jika kita bisa menghambat faktor yang lainnya, maka proses karies gigi tidak akan terjadi.

Misalnya kita menggosok gigi sehabis makan, maka kita sudah menghambat faktor waktu. Atau contoh lain, ada seorang yang suka makan makanan yang berkarbohidrat tinggi, dia juga agak malas menggosok gigi, namun ternyata giginya sehat-sehat aja, hal ini berarti faktor host/atau keadaan gigi orang tersebut secara genetik memang lebih baik, jadi proses karies juga tidak terjadi.

Kesimpulan

Jadi sayangilah gigi anda, karena gigi kita istimewa dan menjaga gigi jauh lebih nyaman dan ekonomis daripada mengobati penyakitnya. Periksalah gigi anda secara teratur ke dokter gigi, atau paling tidak jika anda sudah merasakan rasa sedikit ngilu segeralah pergi ke dokter, atau anda akan kehilangan gigi anda lebih cepat.

Baca Juga : Periodontitis

2 Comments

Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. Salam Sehat!!