Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Hutan Pinus Pengger, Bantul, Yogyakarta – Wisata Keluarga

Halooo semuanya !! Kali ini saya akan berbagi pengalaman ketika mengunjungi salah satu tempat wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta. Seperti kebanyakan orang, ketika akan berlibur, maka hal yang dilakukan sebelum berangkat adalah searching destinasi wisata dan kuliner yang akan dikunjungi. Saya pun demikian. Beberapa hari sebelum keberangkatan, saya sudah mencari tempat wisata mana saja yang akan saya kunjungi. Setelah berbagai pencarian dilakukan, akhirnya saya menjatuhkan pilihan untuk mengunjungi Pengger terlebih dahulu. Hutan Pinus Pengger  ini terletak di Dlingo, Bantul, .

Perjalanan ke Hutan Pinus

Di Yogyakarta, saya dan keluarga memilih menginap di daerah Babarsari. Jarak dari hotel ke lokasi hutan pinus berkisar 21 km. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke lokasi wisata sekitar 40 menit. Saya dan keluarga menggunakan kendaraan pribadi ke sana. Sebagai kota wisata, Yogyakarta tentunya tidak luput dari kemacetan. Perjalanan dari hotel menuju ke Hutan Pinus pun padat merayap. Namun, suguhan pemandangan alam yang asri membuat saya tetap bisa menikmati perjalanan menuju ke sana.

Mendaki gunung, lewati lembah. Begitulah kira-kira gambaran perjalanan yang akan dialami ketika menuju ke lokasi. Di sepanjang perjalanan, saya juga menemukan banyak sekali resto atau sekedar tempat nongkrong yang juga menyuguhkan pemandangan kota Yogyakarta dari ketinggian. Jadi, bukan hanya wisata alam yang bisa kita nikmati tetapi juga wisata kuliner.

Kenapa Hutan Pinus ?

Berawal dari kecintaan saya terhadap suasana yang asri, udara yang sejuk, dan pemandangan alam yang indah, saya memilih tempat wisata ini. Hutan Pinus Pengger ini memiliki banyak spot foto yang bagus dan menarik. Harga tiket masuk ke tempat wisata ini juga sangat terjangkau. Kendaraan pribadi yang saya tumpangi bersama keluarga hanya dikenakan biaya parkir 5 ribu rupiah saja. Bagi kalian yang mengendarai kendaraan roda dua alias motor, kalian hanya akan dikenai biaya sebesar 3 ribu rupiah.

Di sini semua pengunjung bebas untuk berpose dan mengambil gambar (tidak ada biaya tambahan). Namun, pengelola tempat wisata ini menyediakan sebuah kotak di setiap spot foto yang ditujukan untuk mengajak para pengunjung ikut serta melestarikan tempat wisata ini. Sekali lagi, pengunjung tidak dipaksa ya untuk mengisi kotak tersebut, cukup mengisi seikhlasnya saja. Selain itu, bagi kalian yang hobby berburu sunset, berkunjung ke Hutan Pinus ini juga merupakan pilihan yang tepat.

Hutan Pinus Pengger ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung seperti warung dan toilet. Toilet di Hutan Pinus ini cukup bersih menurut saya. Jadi, bagi kalian para wanita, jangan khawatir.

Wisata Alam Hutan Pinus Yogyakarta
Spot Foto Ayunan Hutan Pinus Pengger, Dlingo, Bantul, Yogyakarta

Telapak Tangan

Salah satu spot foto yang saya kunjungi adalah telapak tangan. Telapak tangan ini dibuat dari rajutan akar yang kemudian diletakkan tepat di lereng pegunungan Pinus ini. Ada ketentuan jumlah pengunjung yang boleh menaiki telapak tangan tersebut. Hanya diperbolehkan maksimal 3 orang untuk menaiki telapak tangan secara bersama-sama.

Telapak Tangan Hutan Pinus Pengger, Dlingo, Bantul, Yogyakarta
Spot Foto Telapak Tangan Raksasa

Cukup menegangkan ketika menaiki spot foto ini. Tapi ketegangan itu terbayar dengan indahnya hasil jepretan yang saya dapatkan. Antrean untuk bisa berfoto di spot ini cukup panjang. Jangan lupa tetap budayakan antre ya.

Spot Foto Hutan

Selain telapak tangan raksasa yang sangat hits, masih banyak lagi spot foto yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah rajutan akar yang berbentuk segitiga dengan lubang di tengahnya. Spot foto ini lebih mirip rumah kurcaci. Cukup sulit untuk berfoto di spot ini karena ramainya pengunjung yang berdiri di lereng untuk mengabadikan sunset pada saat itu. Backlight juga menjadi kesulitan tersendiri untuk mendapatkan hasil jepretan di jam berkunjung sore hari.

Spot Foto Hutan Pinus Pengger Bantul, Yogyakarta
Spot Foto Hutan

Menurut saya, untuk mendapatkan hasil jepretan yang bagus di spot foto ini, sebaiknya berfotolah di malam hari. Selain lebih sepi pengunjung, cahaya lampu yang terdapat di dalam lingkaran rajutan akar tersebut akan membantu mempercantik hasil jepretan kalian. Tapi, bagi kalian yang memiliki rhinitis alergi, sangat disarankan menggunakan pakaian yang tebal jika ingin berkunjung ke tempat ini di malam hari.

Spot foto lain yang saya kunjungi adalah sebuah jembatan dengan ketinggian sekitar 5 meter. Sangat menegangkan ketika menaiki jembatan ini. Tidak ada batasan jumlah pengunjung untuk menaiki jembatan ini. Tetapi, sebagai pengunjung yang menjunjung tinggi keselamatan diri, saya tetap membatasi hanya 3 orang yang menaiki jembatan tersebut.

Spot Foto Jembatan Hutan Pinus Pengger, Bantul, Yogyakarta
Spot Foto Jembatan Hutan

Selain berfoto di wahana yang telah disediakan, sepertinya kurang puas jika tidak berfoto dengan hamparan pohon pinusnya. Jadi, saya dan keluarga tentunya menyempatkan berfoto dengan latar belakang hamparan pepohonan pinus. Sangat tinggi, sangat kokoh, dan memberikan kesejukan. Sedikit terdengar hiperbola, tapi saat berada di sana, saya sungguh bisa menikmati suara hembusan angin yang melewati hamparan pohon pinus itu.

Hamparan Pohon Pinus, Hutan Pinus Pengger, Bantul, Yogyakarta
Spot Hamparan Pohon Pinus

Sunset

Seperti sudah saya katakan di awal tulisan ini, jika kalian hobby berburu sunset, maka tempat ini adalah salah satu lokasi yang tepat untuk dikunjungi. Kalian bisa menikmati sunset sambil menikmati pemandangan alam super asri dari ketinggian pegunungan hutan pinus ini. Indah sekali, ya.

Sunset Hutan Pinus Pengger, Bantul, Yogyakarta
Sunset Hutan Pinus Pengger, Bantul, Yogyakarta

Hutan Pinus Pengger, YES or NO ??

Sejak awal perjalanan, saya sudah membayangkan keindahan dan banyak hal menarik yang bisa saya temui di tempat wisata ini. Benar saja, saat tiba di spot wisata ini, saya langsung excited dan segera memaksimalkan semua energi dan tentunya kamera yang saya miliki. Sesuai ekspektasi, pemandangan alam, udara sejuk, spot-spot foto, dan sunset saya temukan disini. Harga yang terjangkau juga menambah nilai plus dari tempat wisata ini.

Jadi, jika ditanya, Hutan Pinus Pengger YES or No ?? Absolutely YES !!

Hutan Pinus Pengger, Dlingo, Bantul, Yogyakarta

Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. Salam Sehat!!