Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Campak Pada Anak, Berbahayakah? : Gejala dan Pengobatan

campak-pada-anak
RUAM CAMPAK PADA

Pengertian

Campak atau morbili adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus measles. Gejala awal bisa berupa demam, batuk, pilek, kemerahan dan kemudian baru dikuti oleh bercak-bercak kemerahan pada hari ketiga hingga hari ketujuh. (Kode ICD 10 Morbili : B05)

Keluhan dan Gejala

Keluhan awal bisa berupa demam, badan lesu, batuk pilek dan mata merah. Pada hari keempat muncul bercak kemerahan yang dimulai pada kepala, terutama daerah perbatasan dahi rambut, dibelakang telinga menyebar ke bawah hingga muka, badan, tangan dan pada akhirnya kaki.

Faktor risiko

Campak pada anak lebih sering terjadi anak yang belum mendapat imunisasi measles. Walaupun anak yang sudah imunisasi pun bisa saja terkena penyakit measles, namun biasanya tidak terlalu berat.

Pemeriksaan

Dokter biasanya akan mengidentifikasi penyakit morbili dengan melihat gejala-gejala awal yang diderita, dan kemudia melihat pembesaran kelenjar limfadenopati, juga munculnya koplik spot pada orofaring. Bercak-bercak kemerahan yang muncul perlahan-lahan akan menghilang dengan urutan sesuai dengan saat munculnya dengan menyisakan warna coklat kekuningan atau deskuamasi ringan, kemudian hilang 4 samapai 6 hari kemudian.

Variasi Measles

Terdapat beberapa variasi untuk measles
a. Morbili termodifikasi
b. Morbili atipik
c. Morbili dengan gangguan imun

Diagnosa banding

Ada beberapa penyakit yang mirip dengan morbili; diantaranya erupsi obat, penyakit virus yang lain(rubella, eksantem subitum), demam skarlantina, infeksi mononucleosis, infeksi M. Pneumoniae

Komplikasi

Komplikasi sering terjadi pada anak yang gizi buruk, anak yang belum mendapat imunisasi measles, anak dengan imunodefisiensi atau gangguan kekebalan tubuh, dan leukimia. Kompilkasi biasanya berupa otitis media, pneumoia, ensefalitis, dan trombositopenia.

Campak

Pada dasarnya campak adalah penyakit yang akan sembuh dengan sendirinya. Obat diberikasn untuk gejala simptomatis, penurun panas jika demam, antibiotik jika terjadi infeksi sekunder

Diberikan suplemen vitamin A pada:

  1. Bayi usia kurang dari 6 bulan 50.000 IU/hari per oral diberi 2 dosis
  2. Umur 6-11 bulan 100.000 IU/hari per oral 2 dosis
  3. Umur diatas 1 tahun 200.000 IU/hari per oral 2 dosis
  4. Anak dengan defisiensi vitamin A. 2 dosis pertama sesuai umur, dilanjutkan dosis ketiga sesuai umur yang diberikan 2 smpai 4 minggu kemudian

Konseling dan Edukasi

Morbili merupakan penyakit yang menular. Namun demikian, pada sebagian besar measles pada anak dapat sembuh sendiri, sehingga pengobatan bersifat suportif. Edukasi pentingnya memperhatikan cairan yang hilang dari diare/emesis.

Vaksin

Untuk anggota keluarga/kontak yang rentan, dapat diberikan vaksin campak atau human immunoglobulin untuk . Vaksin efektif bila diberikan dalam 3 hari terpapat dengan penderita. Imunoglobulin dapat diberikan pada individu dengan gangguan imun, bayi umur 6 bulan -1 tahun, bayi umur kurang dari 6 bulan yang lahir dari ibu tanpa imunitas campak, dan wanita hamil.

Kode ICD X morbili

Kode ICD 10 Morbili adalah B05

Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. Salam Sehat!!